Tips Membuat Makanan Asal Jepang yang Sehat dan Lezat

Berbicara tentang makanan jepang pasti nya yang pertama terlintas di pikiran banyak orang adalah makanan mentah, yakni sushi. Sushi merupakan salah satu makanan yang cukup populer di jepang, Namun di Indonesia juga banyak peminat makanan mentah tersebut.

Bahan makanan yang di pakai untuk membuat sushi memang benar adalah makanan mentah yang tidak di masak, seperti tuna, udang, dan banyak jenis makanan laut lainnya lagi, tapi bahan yang di pakai tentunya mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh jika tahu cara dalam mengolahnya, namun jika salah dalam mengolahnya, maka nutrisinya juga pasti berkurang.

Jadi bagaimanakah cara yang tepat dalam mengolah sushi agar nutrisnya tidak terbuang dan enak saat di makan? Berikut beberapa tips dari kami agar sushi yang di dapatkan sehat dan juga lezat.

  1. Pakai ikan yang segar dan rendah merkuri
    Daging ikan yang sudah di bekukan dalam frezzer dan yang baru saja di potong pastinya sudah memiliki nutrisi yang berbeda, daging yang sudah di bekukan sudah pasti sedikit banyaknya nutrisi yang terkandung di dalamnya akan hilang. Maka dari itu di sarankan untuk menggunakan ikan segar yang belum di bekukan. Pilihan ikan yang terbaik adalah ikan salmon, kenapa begitu? karena di dalam ikan salmon terdapat kandungan omega 3 yang baik untuk kesehatan otak dan ikan salmon mengandung merkuri yang rendah.
  2. Pilih sayur dan bahan lain yang segar
    Selain daging yang di pakai harus segar, tentunya sayur lain dan bahan lainnya juga harus memakai yang segar, karena lebih sehat. Namun jangan lupa untuk mencucinya terlebih dahulu sebelum mengolah nya.
  3. Perhatikan pemakaian soyu berlebihan
    Syou merupajan bumbu pelengkap sushi yang bisa anda beli di toko, swalayan atau supermarket. Agar lebih sehat, disarankan gunakan soyu dalam jumlah yang lebih sedikit, karena di dalam soyu terdapat kandungan garam yang cukup tinggi> Ingatlah kalau garam dapat memicu niaknya tekanan darah.
  4. Gunakan minyak zaitun
    Jika bosan makan sajian mentah dan ingin mencoba untuk menggoreng daging yang di pakai buat sushi, maka gunakanlah minyak zaitun untuk menggoreng nya. Karena minyak goreng biasa mengandung lemak jenuh yang tinggi dan kurang sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *