Goa Luweng Jaran Terpanjang Di Indonesia, Belum Ada Yang Sanggup Sampai Ujung Goa

Goa Luweng Jaran Terpanjang Di Indonesia, Belum Ada Yang Sanggup Sampai Ujung Goa

Goa Luweng JaranĀ  adalah sebuah goa vertikal yang ada di Pacitan jawa Timur. Ditemukan pertama kali tahun 1984 oleh masyarakat sekitar. Goa Luweng Jaran adalah goa sungai bawah tanah atau swallow hole yang lubang masuknya aliran air menuju ke dalam tanah di daerah kapur yang cukup dalam.

Apabila hujan deras permukaan pada sekitar goa akan berubah menjadi sungai dan membuat air bergerak memutar pada sekitar goa. Jika mengunjungi Goa Luweng Jaran akan sangat berbahaya jika sedang musim hujan. Goa Luweng Jaran terletak di Dusun Kasri, Desa Jublang, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Goa Luweng saat ini belum dibuka untuk wisatawan dan hanya baru di datangi para pecinta alam.

Goa Luweng Jaran yang ada di Pacitan ini adalah termasuk goa terpanjang di dunia pada peringkat 118. Mahasiswa Pecinta Alam (MAPALA) UGM pada 4 Februari tahun 2013 memetakan panjang goa Luweng Jaran 25 Km juga mereka mengatakan jika lereng terpanjang yang ada di Indonesia ini mereka belum menemukan ujung dari Goa Luweng Jaran Pacitan.

Untuk kemungkinannya ujung lorong Goa Luweng Jaran tersebut berkahir menuju laut, dan untuk masuk menuju Goa Luweng Jaran memerlukan sebuah keahlian khusus dan menggunakan Single Roof Technique. Goa Luweng Jaran yang ada di Pacitan ini memiliki 2 pitch. pada pitch yang pertama tingginya sekitar 12 meter dan pada pitch yang kedua tingginya sekitar 25 meter.

Saat menuruni picth kedua bisa dilanjutkan dengan horizontal pada perjalanannya, pada dasar Goa Luweng Jaran terdadat chamber atau dom yang besar dan sangat luas seperti luas lapangan. Goa Luweng Jaran yang ada di Pacitan banyak disebut dengan taman surga alam perut bumi untuk para pecinta alam.

Samapi saat ini Goa Luweng Jaran menjadi goa terpanjang yang ada di Indonesi dan belum ada yang pernah sanggup untuk mencapai ujung dari liang Goa Luweng Jaran yang ada di Pacitan. Buat para pecinta alam yang mau membuktikannya dapat lansung datang dan melihat Goa Luweng Jaran di Pacitan Jawa Timur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *