Tips Atur Keuangan untuk Pasangan yang Mau Menikah

Jadi, kita sebenernya udah pernah sharing gitu di Instagram Stories tentang cara mengatur duit buat nikah, tapi masih banyak nih sobat Mindu yang bingung dan nanya ke Mindu. Makanya, sekarang Mindu mau kasih liat nih saran dari sobat Mindu semua yang pernah dikasih tau ya.

Buat kamu yang masih single baik yang udah mau nikah dalam waktu dekat ini atau yang masih lama sekalipun, kamu bisa belajar dulu dari pengalaman sobat Mindu di bawah nih. Inilah hasil sharing dari sobat mindu beberapa waktu lalu. Buat kamu yang mau nikah dan lagi menyiapkan budget, coba simak saran-saran ini terlebih dahulu agar rencana pernikahan kamu lebih matang.

Pengalaman tips atur uang mau nikah :

  1. Tentui target nikah budgetnya berapa. Jaga – jaga kalau over budget minimal 30% dari target.
  2. Bicarakan semua pemasukan da pengeluaran berdua. Kaish saran mana yang bisa di press atau substitusi.
  3. Kalau jumlah tabungan dalam jangka waktu yang ditentukan ternyata kurang, turunkan standar pernikahan.
  4. Diskusikan dengan orang tua tentang kesiapan dana nikah kalian
  5. Diskusikan dengan pasangan, jika tabungan habis untuk nikah, bagaimana selanjutnya? Contoh bayar kontrakan, bayar cicilan rumah, bayar honeymoon, dll.
  6. Jangan mengharapkan jumlah angpao dari nikahan apalagi utang buat nikah.

Buat monthly expense planning. Agar tau besar dana masuk dan keluar apa saja. Hitung juga pengeluaran yang akan terjadi dalam pernikahan jika sudah berumah tangga. Perhitungkan pembagian expense dan juga tabungan untuk masa depan dan juga pendidikan anak (jika ingin mempunyai anak).

Selain itu, jika ingin belanja bulanan juga harus ada budgetnya. Usahakan selalu masak di rumah jika masih sempat karena hal tersebut sangat dapat menekan pengeluaran. Hindari pengeluaran foya – foya setiap hari seperti membeli kopi kekinian atau uang rokok yang terlalu banyak.

Nah, contoh diatas adalah beberapa sharing dari sobat mindu. Buat kamu yang ingin menikah dan membicarakan soal keuangan dengan pasangan sangat boleh ya belajar dari orang yang sudah lebih berpengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *