Kesalahan Penghematan yang Kerap Terjadi Pada Pemula

Pernah nggak sih kamu pas lagi pengen berhemat tapi nggak sadar justru malah melakukan kesalahan yang berujung keborosan kayak pengalaman banyak orang dibawah ini nih?

Udah ngerasa jadi orang paling hemat sedunia? Kalau hematnya begini sih sama aja bohong!

  1. Mikirnya “Mumpung Promo”
    Dulu mindu mikirnya begini emang, tapi setelah mindu pelajari lagi ternyata pemikiran yang kayak gini tuh yang justru malah bikin mindu jadi makin boros. Seringkali kalau jalan – jalan kemana pun atau buka marketplace terus liat diskon atau promo buy 2 get 1 free mindu bakal langsung beli kalau suka, alasannya “mumpung promo”. Yang tadinya nggak ada niat mau beli malah jadi beli, padahal nggak butuh, boros kan jadinya kalau begini?
  2. Cari Harga Termurah
    Ini nih yang paling sering terjadi, saat beli sesuatu mindu tuh liat harganya yang murah, kalau agak mahal nggak jadi beli, kamu juga suka gini nggak sih? “Ada harga ada rupa”, pernah dengar kan? Mindu sekarang paham kalau beli sesuatu tuh mending sekalian yang berkualitas walaupun agak mahal daripada murah tapi cepat rusak, nanti beli – beli lagi malah jadi boros kan?
  3. Nggak Mau Merawat dengan Baik
    Mindu juga pernah ngalamin ini dulu, pengen hemat tapi malah jadi nggak merawat sesuatu yang mindu beli. Misalnya hp, karena hemat jadi nggak beli case hp, nggak beli antiguard dan charger juga beli yang KW. Alhasil malah HPnya cepat rusak dan terpaksa harus merogoh kocek lebih dalam lagi buat service atau beli baru dan lebih mahal jatuhnya kan?

Nah, banyak sekali hal – hal seperti ini yang tidak kita sadari terjadi awalnya. Malah dengan tidak sengaja sesuatu yang kita pikir akan menghemat menjadi boros dan membuat keuangan tidak stabil. Intinya adalah, sebelum membeli barang, perhatikan kualitas dan ketahanan barang tersebut. Nah, setelah membeli barang pastikan kamu menjaga barang tersebut dengan baik agar tidak menghabiskan uang lagi ketika rusak dan harus memperbaiki atau mengganti dengan yang baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *