Gurun Pasir Thar di India Sangat Memukau

Akhirnya impian saya ingin pergi ke gurun tercapai juga. Kemarin malam sangat luar biasa sekali. Kami melakukan tur keliling gurun Thar dengan menaiki unta, tidur dibawah terik matahari, menunggu matahari terbit dan terbenam di gurun, dan masih banyak kegiatan lainnya. Ini adalah salah satu pengalaman baru bagi saya.

Overnight desert tour di Jaisalmer ini merupakan atraksi utama kenapa banyak pelancong mengunjungi kota kecil perbatasan di dekat perbatasan India – Pakistan ini. Gurun Thar merupakan gurun terbaat di India, membentang luas sepanjang perbatasan India – Pakistan. Sebelum tiba di gurun kita akan diajak ke beberapa tempat seperti traditional hindu village, ghost temple, oasis, dan beberapa tempat lainnya.

Setelah tiba di area gurun, jeep kemudian berganti menjadi unta, para pelancong dipersilahkan naik unta satu persatu menuju area camp. Selama perjalanan kita akan disuguhkan pemandangan hamparan daerah kering yang luas banget, beberapa titik terdapat kincir angin raksasa penggerak tenaga listrik dari angin.

Tiba disana kita akan disuguhkan pemandangan sunset, setelah itu api unggunan, nyicip makanan India, dan tidur dibawah bintang (tanpa tenda cuma kasur dan selimut), dan pagi harinya bersiap untuk melihat sunrise. Pokoknya kereeen deh experience selama tour ini! Dan sekarang kami sudah selesai dari gurun thar dan siap untuk menuju Jodhphur.

Ketika sampai di Jodhpur, saya disambut dengan kehangatan yang luar biasa nyaman sekali. Enaknya ngetrip ke North India bulan bulan begini itu udaranya selalu sejuk. Tiap pagi sunrise selalu ditemani kabut kayak begini. Sayangnya nggak sempat keliling Jodhpur karena harus melanjutkan perjalanan ke Agra (gara-gara gak dapat kereta buat malam ini), jadinya cuma sempat keliling singkat sewa tuktuk minta anterin ke Mehranghar Fort dan beberapa spot lainnya.

Ternyata India yang selama ini kita ketahui sangat ramai memiliki spot indah yang tidak dapat ditemukan di kebanyakan negara pada umumnya. Apabila ingin berkeliling negara di Asia, India bisa menjadi salah satu pilihan untuk dikunjungi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *