Gini Loh Caranya Pilih Saham yang Bagus

Investasi saham merupakan salah satu instrumen yang paling digemari oleh para investor terutama kaum milenial. Zaman sekarang ini investasi merupakan hal yang wajib dilakukan agar bisa mendapatkan financial freedom dan dapat pensiun dini secepat mungkin.

Nah banyak sekali yang suka nanya ke mindu nih, gimana sih caranya pilih saham yang bagus? Dalam investasi saham emang enggak bisa asal – asalan ya guys. Karena resikonya yang tergolong tinggi, harus dipelajari dulu yang serius apalagi buat yang masih pemula. Nih mindu bakal kasih tau caranya pilih saham yang bagus.

  1. Cek Peningkatan Penjualan dan Laba Perusahaan
    Kamu lihat dulu deh penjualan dan laba perusahaannya, apakah setiap tahunnya makin meningkat? Kalau meningkat, berarti kinerja perusahaannya bagus.

    Biar lebih gampang, kamu bisa lihat Earning Per Share (EPS) dan Return on Equity (RoE). Kalau makin meningkat, berarti makin bagus buat pemegang saham.

  2. Cari Saham yang Valuasinya Murah
    Coba kamu cari tau dulu valuasi perusahaannya, kamu bisa cek Price to Earning Ration (PER) dan Price to Book Value Ratio (PBV). Nah, kamu cari nilai PBV dan PER yang kecil aja dibanding saham yang lain yang industrinya sejenis, soalnya sahmnya akan makin bagus kalau nilai PBV dan PER nya kecil.
  3. Prediksi Prospek ke Depan
    Saat kamu berinvestasi, jangan cuma investasi aja tapi harus lihat juga bagaimana prospek jangka panjangnya. Cara simplenya sih kamu lihat aja produk yang dijualnya, apakah di masa depan nanti kira – kira produk tersebut akan terus dibutuhkan dan diminati masyarakat? Kalau jawabannya iya, berarti pilihan kamu tepat untuk investasi di saham tersebut.

Nah, semua hal tersebut bisa kamu cari di google ya guys. Biasanya para investor profesional juga langsung mendownload aplikasi RTI Business yang berisi tentang fundamental perusahaan yang tersedia di Bursa Efek Indonesia.

Semoga dengan 3 hal diatas, kamu bisa lebih jitu dalam memilih saham yang mau diinvestasikan. Mari sama – sama bebas finansial secara cepat untuk mendapatkan kehidupan yang kita dambakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *