Esensi Mendaki Gunung Bagi Para Pecinta Trekking

Mendaki gunung tidak hanya soal menjelajah alam saja. Esensi dari mendaki gunung lebih dalam lagi dari pada sekedar jalan – jalan. Bagi saya, pendakian merupakan sebuah perjalanan spiritual. Pada saat mendaki, saya bisa merasakan bersatu dengan alam dan sang Pencipta. Dari pengalaman yang tidak terduga selama perjalanan dapat menjadikan sebuah pembelajaran yang berharga dalam hidup.

Semeru salah satu gunung yang memiliki banyak spot menarik. Salah satunya Oro-oro Ombo. Area ini didominasi entah tumbuhan apa namanya, ada yang menyebutnya Lavender. Berwarna keunguan ketika musim hujan, dan mengering kecoklatan keika musim kemarau.

Yang punya rencana ke Semeru, harap bawa turun kembali sampahnya. Sudah terlalu banyak sampah yang ditinggalkan pendaki ‘sampah’. Jangan sampai melakukan vandalisme juga ya dengan mencoret – coret batu gunung yang tidak ada faedahnya.

Banyak sekali yang bertanya kepada saya, apa enaknya naik gunung itu? Kenapa bisa tiba-tiba suka gunung? Saya ini pendaki yang jatuh cinta dengan gunung karena sebuah film yang pernah booming di akhir tahun 2012. Seminggu setelah film itu langsung ke gunung Papandayan setelah diajak teman kampus. Hujan sepanjang pendakian.

Tapi ajaibnya rasa lelah itu tidak saya rasakan sama sekali karena excited dengan pendakian kali itu. Ini hal baru bagi saya menjelajahi alam. Dan akhirnya saya jatuh cinta pada pandangan pertama kali kepada gunung ketika pagi-pagi terbangun keluar tenda menyaksikan uap belerang dari kejauhan dan suasana heningnya pondok salada waktu itu, ditambah pesona padang edelweiss tegal alun semakin membuat jatuh cinta.

Sepulangnya dari papandayan, saya memimpikan Semeru, atap pulau jawa. Akhirnya 4 bulan kemudian baru kesempatan menjejakan kaki ke puncak tertinggi pulau Jawa itu datang. Sampai sekarang cinta saya dengan gunung tak pernah berkurang, bahkan semakin bertambah dengan pengalaman-pengalaman yang berbeda ditiap gunungnya. Jadi mau dibilang pendaki 5CM juga kagak masalah, asal tetap bijak ketika mendaki.

Mendaki gunung merupakan salah satu cara bagi saya untuk mencintai Tanah Air ini, dengan keindahan alam yang ditawarkan tiap gunung yang saya daki, saya bersyukur dapat tinggal di negeri dengan keindahan alam yang maha eksotis ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *